Aktivitas Humas pada Bagian Hubungan Antar Lembaga Mahkamah Agung RI

E. Hadi Suwarno, Natasha (2025) Aktivitas Humas pada Bagian Hubungan Antar Lembaga Mahkamah Agung RI. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (914kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (317kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (350kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (913kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi mendorong pertumbuhan kebutuhan komunikasi publik berbasis digital yang efektif bagi lembaga pemerintah. Penulis melakukan praktik kerja magang dengan tujuan mengimplementasikan konsep pemasaran media sosial dan memahami pengaruh budaya organisasi terhadap proses interaksi internal dan penyampaian pesan kepada khalayak. Praktik kerja magang dilakukan di Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Republik Indonesia. Sebagai pelaku humas, penulis bertanggung jawab atas content creation, menjadi perwakilan Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, dokumentasi acara, dan distribusi informasi kepada pihak internal. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah kerangka 4Ps dalam pengelolaan media sosial (purpose, people, place, product) menurut Montage Marketing (2023), konsep impression management oleh Erving Goffman (Rosenfeld et al., 1995), dan teori komunikasi organisasi dari Haber (1986). Kendala utama yang dihadapi selama proses kerja magang adalah penyesuaian terhadap standar konten media sosial lembaga pemerintah yang cenderung formal, berbeda dengan gaya konten yang biasanya penulis praktikkan di kelas. Setelah empat bulan praktik magang dijalankan, dapat disimpulkan bahwa penulis berkesempatan mengimplementasikan keterampilan komunikasi strategis, terlebih dalam pembuatan konten media sosial yang sesuai dengan nilai instansi. Di samping itu, pengalaman ini juga membuktikan pentingnya peran humas dalam membangun persepsi publik dan komunikasi internal yang efektif.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Humas, Mahkamah Agung Republik Indonesia, Media Sosial Lembaga Pemerintah, Persepsi Publik, Proses Interaksi Internal
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Apr 2025 13:08
Last Modified: 26 Apr 2025 13:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37223

Actions (login required)

View Item View Item