Rancangan Kampanye Digital #KenaliLebihDalam dalam Meningkatkan Engagement di Instagram @sehatmental.id

Welly Sylvester Sitepu, Anggiat (2025) Rancangan Kampanye Digital #KenaliLebihDalam dalam Meningkatkan Engagement di Instagram @sehatmental.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (886kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (363kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (479kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (506kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (197kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (97MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kampanye digital #KenaliLebihDalam yang diadakan oleh akun Instagram @sehatmental.id pada periode 4-15 Desember, dengan tujuan meningkatkan awareness dan engagement audiens terhadap isu kesehatan mental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye ini berhasil menjangkau 2.385 akun, meningkat signifikan sebesar 593% dibandingkan periode sebelumnya. Format Reels terbukti menjadi yang paling efektif, memberikan kontribusi 45,2% terhadap total jangkauan. Selain itu, penggunaan strategi interaktif, seperti tantangan yang mendorong audiens untuk berpartisipasi aktif, turut berperan besar dalam meningkatkan keterlibatan. Audiens yang terlibat terbagi antara pengikut lama (59,1%) dan audiens baru (40,9%). Keberhasilan kampanye ini dapat dikaitkan dengan penggunaan konten visual yang menarik, penyampaian pesan yang edukatif tentang pentingnya kesehatan mental, serta pendekatan komunikasi yang kreatif dan strategis. Kampanye ini tidak hanya berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu kesehatan mental, tetapi juga mendorong audiens untuk lebih aktif berinteraksi dan berbagi informasi. Meskipun demikian, untuk hasil yang lebih optimal di masa depan, disarankan agar kampanye serupa lebih terstruktur dalam menentukan target audiens yang lebih spesifik. Hal ini akan memastikan pesan kampanye lebih tepat sasaran. Selain itu, penyusunan content calendar yang lebih terorganisir dan evaluasi menggunakan indikator kinerja (KPI) yang jelas juga sangat diperlukan. Langkah-langkah ini akan memungkinkan perbaikan dalam strategi yang lebih terukur, yang pada gilirannya akan meningkatkan efektivitas kampanye di masa mendatang. Dengan pendekatan yang lebih terencana, kampanye- kampanye serupa dapat memberikan dampak yang lebih besar, tidak hanya dalam meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental, tetapi juga dalam mendorong audiens untuk terlibat lebih aktif dalam percakapan tersebut. Kampanye yang lebih terstruktur dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menghasilkan perubahan yang lebih signifikan dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: engagement, kampanye digital, kesehatan mental, media sosial, strategi komunikasi.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:17
Last Modified: 02 Jun 2025 04:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37347

Actions (login required)

View Item View Item