Perancangan Warna dan Cahaya untuk Menciptakan Suasana Ceria dan Sedih pada Film Animasi 3D the Boy Who Dared to Fly

Elang Parama, Rakarayan (2025) Perancangan Warna dan Cahaya untuk Menciptakan Suasana Ceria dan Sedih pada Film Animasi 3D the Boy Who Dared to Fly. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (730kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (257kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (297kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (249kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (270MB)

Abstract

Penelitian ini membahas perancangan warna dan arah cahaya untuk membangun suasana emosional dalam film animasi pendek 3D The Boy Who Dared to Fly. Fokus utama berada pada dua shot yang menggambarkan suasana bahagia dan sedih. Warna biru dan hijau digunakan untuk menciptakan nuansa bahagia yang tenang dan natural, sementara warna oranye, kuning, dan coklat yang biasanya digunakan untuk suasana senang bisa juga digunakan untuk membangun suasana sedih dan melankolis. Arah cahaya turut diperhitungkan untuk mendukung masing- masing mood, di mana pencahayaan terang dari atas digunakan untuk shot bahagia, dan pencahayaan rendah dengan siluet dominan diterapkan untuk shot sedih. Penelitian ini menggunakan metode observasi, eksplorasi visual, dan referensi film sebagai dasar perancangan. Hasilnya menunjukkan bahwa pemilihan warna dan arah cahaya yang tepat mampu memperkuat emosi dalam adegan serta mendukung penyampaian cerita secara visual.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: animasi 3D, warna, cahaya, suasana bahagia, suasana sedih
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Jun 2025 11:07
Last Modified: 18 Jun 2025 11:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37417

Actions (login required)

View Item View Item