Sutanto, Ado (2025) Pengaruh Pesan Kampanye #LebihBaikReuse pada Akun Instagram @alner.id terhadap Minat Beli Hijau dimediasi Kesadaran Lingkungan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (798kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (501kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (364kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (324kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (183kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tingginya penggunaan plastik di Indonesia tidak diiringi dengan kesadaran masyarakatnya secara umum dalam memilah sampah. Fenomena ini mendorong para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis yang mengusung nilai-nilai berkelanjutan. Dalam menjalankan bisnis berkelanjutannya, para pelaku usaha juga menyuarakan Pesan Kampanye dengan tujuan untuk meningkatkan Kesadaran Lingkungan masyarakat yang berujung pada perilaku Minat Beli Hijau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan kampanye oleh Alner melalui Instagram @alner,id dengan Pesan Kampanye #LebihBaikReuse. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pesan Kampanye #LebihBaikReuse dari Alner terhadap Minat Beli Hijau para followers @alner.id dimediasi Kesadaran Lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat eksplanatif. Data dikumpulkan dengan metode survei terhadap 210 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Inner Model dalam SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran Lingkungan berhasil berperan menjadi partial mediation antara Pesan Kampanye dan Minat Beli Hijau (path coefficient = 0.324, t-value = 3.064, dan t-value = 0.002). Meskipun hubungan langsung antara Pesan Kampanye dengan Minat Beli Hijau lebih tinggi (path coefficient = 0.516, t-value = 4.001, dan t-value = 0.001) dibandingkan dengan melalui jalur mediasi Kesadaran Lingkungan. Temuan ini menunjukkan bahwa kampanye digital yang terstruktur dan persuasif melalui media sosial mampu memengaruhi perilaku konsumtif ramah lingkungan secara langsung, terutama di kalangan generasi Z. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan SOR Theory pada konteks kampanye keberlanjutan di media sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pesan Kampanye, Kesadaran Lingkungan, Minat Beli Hijau, Alner |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |