Perancangan Kampanye Sosial mengenai Penerapan Skin Minimalism Bagi Perempuan

Beatrice Bonggo, Brigita (2025) Perancangan Kampanye Sosial mengenai Penerapan Skin Minimalism Bagi Perempuan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (628kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (840kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (624kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (630kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan skincare telah menjadi bagian dari rutinitas para perempuan saat ini. Dewasa ini, para perempuan sendiri saat ini memiliki rutinitas skincare yang cukup kompleks. Faktanya, penggunaan skincare berlebihan dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit. Terdapat alternatif rutinitas skincare lainnya yang dapat diterapkan, salah satunya yakni adalah skin minimalism. Skin minimalism merupakan konsep perawatan kulit yang menekankan penggunaan produk skincare seperlunya. Namun, paparan informasi dari internet seringkali masih memengaruhi pola pikir masyarakat untuk menerapkan rutinitas skincare yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode perancangan six phases menurut Robin Landa. Target dari perancangan ini adalah perempuan berusia 20-24 tahun. Adapun penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode action research, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, FGD, dan kuesioner serta dilengkapi dengan model perubahan perilaku menggunakan teori AISAS oleh Sugiyama dan Andree. Berdasarkan hasil penelitian, rutinitas skin minimalism sendiri sebenarnya sudah hadir sejak lama, namun masih kalah berpengaruh dengan konten promosi produk skincare. Oleh karena itu, perancangan kampanye sosial diperlukan sebagai salah satu upaya untuk mendorong para perempuan menerapkan rutinitas skincare yang minimalis dan terfokus pada kebutuhan kulit. Melalui perancangan kampanye sosial ini, terbukti bahwa para perempuan mulai tertarik untuk menerapkan rutinitas skin minimalism.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Skincare, Skin Minimalism, Kampanye Sosial
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:48
Last Modified: 01 Jul 2025 07:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37509

Actions (login required)

View Item View Item