Laura Yosephine, Birgitta (2025) Perancangan Ulang Identitas Visual Acnol. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (417kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (89kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (463kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (226kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (61kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya persaingan di dunia kecantikan sejak tahun 2021, hingga mengalami peningkatan global menjadi 1.010 perusahaan pada pertengahan 2023 di Indonesia menyebabkan fenomena disruptive innovation. Disruptive innovation merupakan keadaan dimana pendatang baru mengubah keadaan pasar dan teknologi dengan brand barunya. Hal tersebut membuat brand lokal di Indonesia tidak mampu bersaing dengan brand baru yang semakin bertambah. Salah satunya adalah brand Acnol yang sudah ada sejak tahun 1967. Meningkatnya persaingan di dunia skincare membuat Acnol kalah saing. Meskipun telah mendapatkan penghargaan Top Brand sebanyak dua kali, ia mengalami penurunan peringkat paling bawah dengan indeks 11,2% pada tahun 2024. Dikarenakan Acnol belum pernah memiliki perubahan yang signifikan pada identitas visual, membuat Acnol tidak relevan dengan perkembangan zaman. Maka penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang identitas visual Acnol untuk menarik perhatian target pasar yang lebih relevan dan modern sesuai dengan target pasar Acnol khususnya kaum muda. Metode penelitian menggunakan metode penelitian secara kualitatif dan kuantitatif meliputi analisis merek, studi visual kompetitor, wawancara, focus group discussion, dan kuesioner. Hasil akhir perancangan adalah Graphic Standards Manual yang mencakup logo, warna, supergrafik, hingga implementasi media. Graphic standard manual Acnol bertujuan untuk memastikan identitas visual Acnol dapat diterapkan secara konsisten di semua platform media sehingga dapat membangun citra, mudah dikenali, dan profesional.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | identitas visual, acnol, jerawat, graphic standard manual |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:51 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |