Analisis Pengaruh Live Streaming Marketing terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc pada Platform Live Streaming Shopee Live

Yawabadi, Michael (2024) Analisis Pengaruh Live Streaming Marketing terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc pada Platform Live Streaming Shopee Live. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (381kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (594kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada era digital saat ini, aktivitas belanja online semakin populer di Indonesia, terutama melalui platform E-commerce seperti Shopee. Produk perawatan kulit atau skincare menjadi salah satu kategori yang paling banyak dicari, terutama di kalangan Generasi Z. Generasi muda ini cenderung lebih impulsif dalam berbelanja, khususnya saat mengikuti live shopping karena tertarik dengan berbagai promo yang ditawarkan. Tren ini mendorong peningkatan jumlah penjual skincare yang memanfaatkan platform live streaming untuk memasarkan produknya. Somethinc, sebagai salah satu merek skincare lokal terkemuka, berhasil mendominasi pasar pada tahun 2022. Namun pada tahun 2024, penjualan merek ini mengalami penurunan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk skincare pada Generasi Z, khususnya melalui platform live streaming. Menggunakan metode kuantitatif dan non- probability sampling dengan melibatkan 187 responden Generasi Z, penelitian ini menganalisis pengaruh Live Streamer, Product, dan Field terhadap Purchase Intention dengan mediasi Trust dan Impulsiveness. Temuan penelitian ini adalah Live Streamer, Product, dan Field berpengaruh secara positif terhadap Trust dan Impulsiveness, dimana Trust dan Impulsiveness berpengaruh secara positif terhadap Purchase Intention. Penelitian ini juga menemukan bahwa ketiga variabel independen harus menggunakan dua variabel mediasi, dan tidak bisa berpengaruh langsung ke variabel dependen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Live streaming Marketing, Skincare, Somethinc, Shopee Live, Purchase Intention
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:55
Last Modified: 01 Jul 2025 07:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37538

Actions (login required)

View Item View Item