Pengaruh Buzz Marketing Kampanye Kolaborasi Cupbop dan Kanzler di Media Sosial Instagram dan TikTok terhadap Sikap Konsumen pada Tahap Awal Pemasaran

Jovelin, Jovelin (2025) Pengaruh Buzz Marketing Kampanye Kolaborasi Cupbop dan Kanzler di Media Sosial Instagram dan TikTok terhadap Sikap Konsumen pada Tahap Awal Pemasaran. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (10MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (880kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (636kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (617kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buzz marketing terhadap sikap konsumen pada kampanye kolaborasi antara Cupbop dan Kanzler di media sosial Instagram dan TikTok. Buzz marketing merupakan strategi promosi tidak langsung yang melibatkan pihak ketiga, seperti influencer atau pengguna media sosial lainnya, untuk menciptakan percakapan publik seputar produk secara masif. Sikap konsumen dalam penelitian ini dilihat dari aspek sikap kognitif, afektif, dan konatif yang mencerminkan bagaimana konsumen merespons kampanye promosi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 200 responden yang merupakan pengguna media sosial dan telah melihat konten kampanye kolaborasi tersebut. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, regresi linear sederhana, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan kuat antara buzz marketing terhadap sikap konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,906 dan koefisien determinasi sebesar 82%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buzz marketing yang dilakukan melalui Instagram dan TikTok mampu memengaruhi sikap konsumen secara positif pada tahap awal pemasaran.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Buzz Marketing, TikTok, Instagram, Tri-Component Attitude Model, Sikap konsumen
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:02
Last Modified: 01 Jul 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37564

Actions (login required)

View Item View Item