Pengaruh Personal Branding Mark NCT terhadap Minat NCTzen untuk Berlangganan LYSN Bubble

Andrea, Nareesha (2025) Pengaruh Personal Branding Mark NCT terhadap Minat NCTzen untuk Berlangganan LYSN Bubble. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (602kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (564kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (385kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)

Abstract

K-Pop telah menjadi fenomena global yang semakin populer di masa pandemi COVID-19, salah satunya melalui grup idola pria NCT yang dinaungi oleh SM Entertainment. Untuk menarik kedekatan dengan penggemar, agensi memperkenalkan fitur Bubble di aplikasi LYSN sebagai platform komunikasi interaktif berbayar. Mark Lee, salah satu anggota NCT, dikenal aktif menggunakan LYSN Bubble meski memiliki jadwal yang padat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personal branding Mark Lee terhadap minat NCTzen untuk berlangganan layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survei, yang melibatkan 200 responden berusia 14­30 tahun di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Mark Lee berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat NCTzen untuk berlangganan LYSN Bubble, dengan nilai R Square sebesar 45,5%. Hal ini menunjukkan bahwa hampir sebagian keputusan penggemar untuk berlangganan dapat dijelaskan oleh personal branding Mark, sementara sebagian lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini menekankan pentingnya strategi personal branding bagi seorang publik figur untuk membentuk kedekatan emosional dan mendorong perilaku konsumtif penggemar untuk loyal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Personal Branding, Minat Berlangganan, Komunikasi Persuasif, LYSN Bubble
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:02
Last Modified: 01 Jul 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37565

Actions (login required)

View Item View Item