Perancangan Kampanye Sosial Penggunaan Kebaya Santai sebagai Busana Sehari-hari

Ameris Raharjo, Jocelyn (2025) Perancangan Kampanye Sosial Penggunaan Kebaya Santai sebagai Busana Sehari-hari. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (174kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kebaya adalah busana nasional yang telah berkembang dari busana formal menjadi lebih modern dan serbaguna. Kebaya modern disebut juga sebagai kebaya santai. Meskipun demikian, fenomena stigma formalitas kebaya masih terjadi di kalangan perempuan dewasa muda atau Generasi Z Indonesia yang memiliki persepsi kuat bahwa kebaya terlalu kuno dan hanya cocok untuk acara-acara resmi atau formal. Berdasarkan hasil pre wawancara, sebanyak 63% responden perempuan masih berpegang pada stigma tersebut, dan 74% lainnya menyatakan belum pernah melihat orang mengenakan kebaya santai. Kurangnya perhatian dapat menurunkan daya tarik busana nasional dan menghambat upaya pengakuan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO. Oleh karena itu, penulis merancang kampanye sosial penggunaan kebaya santai sebagai busana sehari-hari untuk mempersatukan perempuan Indonesia dan mempromosikan kebaya sebagai warisan budaya yang tidak terikat aturan kaku mengenai kapan dan bagaimana kebaya harus dipakai. Metode perancangan Robin Landa tahun 2021 (edisi keempat) yang terdiri dari enam tahap, yaitu overview, strategy, ideas, design, production, dan implementation, diterapkan dalam perancangan kampanye ini. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran Generasi Z terhadap kebaya santai dan mendorong mereka kembali pada tradisi, serta meruntuhkan stigma formalitas kebaya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kebaya santai, kebaya modern, stigma formalitas, generasi z, kampanye sosial
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:02
Last Modified: 01 Jul 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37566

Actions (login required)

View Item View Item