Dwi Augustine, Janice (2025) Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Pencegahan Fenomena Fanwar pada Penggemar K-Pop. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (584kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (767kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (53MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (557kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (624kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Industri musik pop khususnya K-Pop telah berkembang mendominasi pasar global, termasuk Indonesia. Tingginya antusias musik K-Pop di Indonesia, membuat banyak penggemar K-Pop memanfaatkan media sosial untuk sekedar mencari informasi dan berkomunikasi dengan sesama penggemar K-Pop. Intensitas interaksi dalam media sosial dapat berupa hal positif yaitu terjalinnya hubungan harmonis antar penggemar K-Pop dalam mendukung idola. Akan tetapi, terdapat hal negatif yang terjadi dalam media sosial seperti muncul ketidaknyamanan akibat perbedaan pendapat dan konflik antar penggemar K-Pop atau fanwar. Kurangnya kontrol emosi dalam menanggapi pendapat orang lain ini secara tidak disadari dapat menyebabkan perpecahan dalam fandom K-Pop dan memicu gangguan mental seseorang, seperti kecemasan. Gejala kecemasan diantaranya adalah kekhawatiran untuk diterima dalam fandom, ketakutan dalam berpendapat dan berinteraksi, dan membanding-bandingkan pendapat diri dengan orang lain. Pada dasarnya rata-rata penggemar K-Pop mengetahui bahayanya fanwar, namun hingga saat ini belum ada upaya pencegahan atau penanganan fanwar. Fanbase atau komunitas penggemar K-Pop pun terkadang terpecah-belah dalam menyampaikan pendapat. Maka dari itu, penulis merancang kampanye sosial pencegahan fenomena fanwar sebagai upaya pengembangan komunikasi penggemar K-Pop dan menyadarkan bahwa fanwar dapat memicu kecemasan sosial yang berbahaya bagi mental seseorang. Penulis menggunakan metode kualitatif yaitu wawancara dengan ahli K-Pop seperti influencer, psikolog, dan penggemar K-Pop yang terlibat dalam fanwar dan mengalami anxiety, serta menjadwalkan wawancara FGD dan menyebarkan kuesioner kepada penggemar K-Pop. Diharapkan perancangan kampanye sosial ini dapat meningkatkan kesadaran penggemar K-Pop akan dampak negatif fanwar dalam perkembangan hubungan komunikasi penggemar K-Pop, serta memiliki kepedulian untuk mencegah dan mengatasi terjadinya konflik dan kecemasan penggemar K-Pop.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kampanye, Fanwar, K-Pop |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 11:08 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 11:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |