Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Pencegahan Fenomena Fanwar pada Penggemar K-Pop

Dwi Augustine, Janice (2025) Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Pencegahan Fenomena Fanwar pada Penggemar K-Pop. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (584kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (767kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (557kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Industri musik pop khususnya K-Pop telah berkembang mendominasi pasar global, termasuk Indonesia. Tingginya antusias musik K-Pop di Indonesia, membuat banyak penggemar K-Pop memanfaatkan media sosial untuk sekedar mencari informasi dan berkomunikasi dengan sesama penggemar K-Pop. Intensitas interaksi dalam media sosial dapat berupa hal positif yaitu terjalinnya hubungan harmonis antar penggemar K-Pop dalam mendukung idola. Akan tetapi, terdapat hal negatif yang terjadi dalam media sosial seperti muncul ketidaknyamanan akibat perbedaan pendapat dan konflik antar penggemar K-Pop atau fanwar. Kurangnya kontrol emosi dalam menanggapi pendapat orang lain ini secara tidak disadari dapat menyebabkan perpecahan dalam fandom K-Pop dan memicu gangguan mental seseorang, seperti kecemasan. Gejala kecemasan diantaranya adalah kekhawatiran untuk diterima dalam fandom, ketakutan dalam berpendapat dan berinteraksi, dan membanding-bandingkan pendapat diri dengan orang lain. Pada dasarnya rata-rata penggemar K-Pop mengetahui bahayanya fanwar, namun hingga saat ini belum ada upaya pencegahan atau penanganan fanwar. Fanbase atau komunitas penggemar K-Pop pun terkadang terpecah-belah dalam menyampaikan pendapat. Maka dari itu, penulis merancang kampanye sosial pencegahan fenomena fanwar sebagai upaya pengembangan komunikasi penggemar K-Pop dan menyadarkan bahwa fanwar dapat memicu kecemasan sosial yang berbahaya bagi mental seseorang. Penulis menggunakan metode kualitatif yaitu wawancara dengan ahli K-Pop seperti influencer, psikolog, dan penggemar K-Pop yang terlibat dalam fanwar dan mengalami anxiety, serta menjadwalkan wawancara FGD dan menyebarkan kuesioner kepada penggemar K-Pop. Diharapkan perancangan kampanye sosial ini dapat meningkatkan kesadaran penggemar K-Pop akan dampak negatif fanwar dalam perkembangan hubungan komunikasi penggemar K-Pop, serta memiliki kepedulian untuk mencegah dan mengatasi terjadinya konflik dan kecemasan penggemar K-Pop.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye, Fanwar, K-Pop
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jul 2025 11:08
Last Modified: 02 Jul 2025 11:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37597

Actions (login required)

View Item View Item