Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi E-Commerce Trust dan E-Commerce Loyalty (Studi pada Konsumen PT. Wearinasia Internet Akselerasi)

Renih, Renih (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi E-Commerce Trust dan E-Commerce Loyalty (Studi pada Konsumen PT. Wearinasia Internet Akselerasi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (529kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (339kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, ekspansi e-commerce juga semakin meningkat, seperti yang terlihat pada platform wia.id yang dioperasikan oleh Wearinasia Internet Akselerasi. Studi ini meneliti elemen-elemen yang memengaruhi kepercayaan dan loyalitas pengguna e-commerce di wia.id, sebuah situs e-commerce Indonesia yang berfokus pada gaya hidup aktif, produksi konten, dan produk perjalanan. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kualitas antarmuka pengguna (User interface quality/UIQ), kualitas informasi (Information quality/IQ), risiko keamanan yang dirasakan (Perceived security risk/PR), privasi yang dirasakan (Perceived privacy/PP), dan kesadaran e- commerce (E-commerce awareness/EA) mempengaruhi kepercayaan e-commerce (E- commerce Trust/ET), dan kemudian bagaimana ET berpengaruh pada loyalitas e- commerce (E-commerce Loyalty/ECL). Data dianalisis menggunakan PLS-SEM. Temuan utama menunjukkan bahwa kualitas informasi, risiko keamanan yang dirasakan, kualitas antarmuka pengguna, dan kesadaran e-commerce berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepercayaan e-commerce, menunjukkan bahwa konsumen menghargai informasi yang akurat dan transaksi yang aman di platform tersebut. Menariknya, privasi yang dirasakan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan, mengindikasikan bahwa konsumen mungkin kurang memperhatikan variabel ini atau bahwa aspek tersebut perlu diterapkan lebih efisien. Akhirnya, studi ini menemukan bahwa kepercayaan e-commerce sangat penting dalam mendorong loyalitas pelanggan, karena pengguna yang percaya pada wia.id cenderung tetap setia pada platform tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis tanggapan dari 161 responden.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Stimulus-Organism-Response; E-commerce; E-commerce Trust; E- commerce Loyalty; User interface quality; Information quality; Perceived privacy; Perceived security; E-commerce awareness
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jul 2025 11:09
Last Modified: 02 Jul 2025 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37598

Actions (login required)

View Item View Item