Devin, Gwenn (2025) Perancangan Kampanye Mengenai Passive Suicidal Ideation pada Gen Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (162kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (591kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (316kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (225kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Ideasi pasif bunuh diri merupakan kondisi dimana seseorang menginginkan kematian tanpa ada niat atau rencana aktif untuk mencapai kematian tersebut. Ideasi pasif bunuh diri sendiri, sering ditemukan pada kalangan Gen Z yang memang rentan terhadap penyakit mental. Walaupun ideasi pasif bunuh diri tidak melukai secara fisik, pemikiran tersebut dapat berkembang menjadi ideasi aktif yang berakhir pada percobaan bunuh diri. Oleh sebab itu, ideasi pasif bunuh diri dapat disebut sebagai indikasi awal dalam bunuh diri. Namun, masih banyak orang yang menganggap remeh ideasi pasif bunuh diri, akibatnya muncul mispersepsi bahwa ideasi pasif bunuh diri bukan merupakan sesuatu yang berbahaya. Oleh sebab itu, penulis mengusulkan perancangan kampanye sosial mengenai pengenalan dan pencegahan ideasi pasif bunuh diri pada Gen Z, khususnya pada usia 18-22 tahun. Perancangan dilakukan dengan metode Design Thinking yang dimulai dari tahap empathise untuk mengumpulkan data dengan metode penelitian kualitatif melalui teknik wawancara, FGD, kuesioner, dan studi pustaka. Strategi AISAS juga digunakan untuk menentukan media penyampaian pesan dengan tone and manner yang honest, helpful, dan conversational. Dari segi visual, perancangan disusun berdasarkan big idea "amidst the echoes of apathy, allow the compassion to be heard" dengan konsep desain yang fokus pada perasaan relatable bagi pengalaman target audiens. Hasil akhir dari perancangan ini merupakan Instagram feeds sebagai media utama dengan konten edukatif mengenai ideasi pasif bunuh diri dan penerapan self-compassion. Perancangan kampanye dengan visual menarik dan konten informatif mampu mendorong perubahan persepsi dan perilaku target audiens terhadap ideasi pasif bunuh diri.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Ideasi Pasif Bunuh Diri, Mispersepsi, Gen Z, Kampanye Sosial |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 11:30 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 11:30 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |