Erika, Erika (2025) Perancangan Buku Interaktif mengenai Pengenalan Multiple Intelligences bagi Orang Tua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (645kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (119kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (157kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (146kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Setiap anak memiliki potensi kecerdasan yang berbeda dan unik. Sayangnya, masih banyak orang tua yang belum memahami konsep kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) dan cenderung menyamaratakan kemampuan anak berdasarkan nilai akademis. Hal ini dapat menghambat perkembangan bakat anak secara optimal. Oleh karena itu, perancangan ini bertujuan menciptakan media edukatif berupa jurnal interaktif berjudul "Jurnal Kecerdasan Anak: Panduan Mengenal Kecerdasan Anak sebagai Orang Tua", yang dapat membantu orang tua dalam mengenali, memahami, serta mendampingi perkembangan kecerdasan anak secara tepat berdasarkan teori Multiple Intelligences oleh Howard Gardner. Perancangan ini dibuat dengan metode Book Design oleh Andrew Haslam dengan metode penelitian campuran, yaitu kualitatif dengan wawancara, studi eksisting, dan studi referensi, serta kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Dihasilkan luaran media berupa buku jurnal interaktif dengan pembawaan konten informatif dan aktivitas dua arah antara anak dan orang tua yang dicakup dalam berbagai aktivitas. Perancangan ini juga dilengkapi dengan media sekunder berupa konten Instagram, merchandise, dan materi gimmick serta promosi untuk memperluas jangkauan edukasi. Setelah melalui berbagai uji coba ditemukan bahwa media ini dapat meningkatkan pemahaman orang tua terhadap potensi kecerdasan anak, dengan beberapa penyempurnaan pada aspek interaktivitas dan layout visual yang telah melalui tahap revisi. Perancangan ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi yang dapat memperdalam pemahaman orang tua terhadap anak, serta mendukung terciptanya pola pengasuhan yang lebih edukatif dan suportif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Multiple intelligences, interaktif, edukasi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 11:01 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 11:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |