Interaksi Manusia dan Akal Imitasi ditinjau dari Uses and Gratification Theory: Studi pada Penggunaan ChatGPT untuk Konsultasi Percintaan

Kathrine, Kathrine (2025) Interaksi Manusia dan Akal Imitasi ditinjau dari Uses and Gratification Theory: Studi pada Penggunaan ChatGPT untuk Konsultasi Percintaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (915kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (681kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (689kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (462kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (278kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan akal imitasi (AI) di era industri 4.0 menunjukkan peningkatan yang signifikan, khususnya dalam kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan emosional pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana salah satu AI populer, yaitu ChatGPT dari OpenAI, dapat memenuhi berbagai kebutuhan emosional individu dalam konteks konsultasi percintaan, dengan fokus pada Uses and Gratification Theory, yaitu cognitive needs, affective needs, personal integrative needs, social integrative needs, dan tension-release needs. Penelitian ini juga menemukan bentuk-bentuk gratifikasi baru yang muncul dari karakteristik ChatGPT sebagai media baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam serta analisis data untuk memahami pengalaman pengguna secara lebih mendalam. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ChatGPT dapat memenuhi lima kategori kebutuhan berdasarkan Uses and Gratification Theory, dalam konteks konsultasi percintaan. ChatGPT tidak hanya berfungsi sebagai penyedia informasi (medium), tetapi juga sebagai teman virtual (komunikator) yang mampu memberikan dukungan emosional dan ruang aman bagi pengguna. Dengan itu, temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas AI, khususnya ChatGPT, sebagai alternatif bagi pengguna dalam menghadapi permasalahan percintaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ChatGPT, Human-machine interaction, Konsultasi percintaan, Kebutuhan emosional, Uses and Gratification Theory
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:04
Last Modified: 05 Jul 2025 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37691

Actions (login required)

View Item View Item