Perancangan Buku Cerita Interaktif tentang Penggunaan Sempoa sebagai Alat Bantu Pembelajaran Aritmetika bagi Anak

Elizabeth Tjowari, Laura (2025) Perancangan Buku Cerita Interaktif tentang Penggunaan Sempoa sebagai Alat Bantu Pembelajaran Aritmetika bagi Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (305kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (122kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Aritmetika merupakan cabang ilmu matematika yang menelusuri operasi penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Materi aritmetika sudah menjadi pelajaran wajib sejak sekolah dasar. Namun, aritmetika masih dianggap sulit oleh beberapa anak SD karena adanya kesulitan dalam berhitung. Hal ini berpotensi untuk memberikan dampak buruk pada hasil pembelajaran dan prestasi murid ke depannya. Salah satu media yang dapat membantu berhitung dengan cepat dan akurat adalah sempoa. Saat menggunakan sempoa, fungsi dan kinerja otak dapat bekerja secara optimal. Namun, pembelajaran sempoa masih terfokus pada tempat kursus saja, serta ada miskonsepsi fungsi sempoa bukan sebagai alat hitung. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa masih banyak murid yang belum mengetahui cara menggunakan sempoa. Maka dari itu, diperlukan media informasi mengenai penggunaan sempoa guna memperluas akses pembelajaran anak. Sebab, murid sekolah dasar masih membutuhkan media pembelajaran sebagai jembatan bagi mereka untuk memahami materi. Metodologi Design Thinking oleh Robin Landa digunakan untuk merancang media informasi yang sesuai dengan kebutuhan target. Hasil beta test dari perancangan ini menunjukkan bahwa media informasi dalam bentuk buku cerita interaktif dinilai cukup efektif dalam mengenalkan cara penggunaan sempoa pada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: pembelajaran aritmetika, sempoa, anak sekolah dasar
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:14
Last Modified: 05 Jul 2025 11:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37740

Actions (login required)

View Item View Item