Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Green Purchase Intention pada Produk Rumah Tangga Ramah Lingkungan di JABODETABEK dan Sekitarnya

Elektra Hardi, Cindy (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Green Purchase Intention pada Produk Rumah Tangga Ramah Lingkungan di JABODETABEK dan Sekitarnya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (612kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (250kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (399kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (987kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (64kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Sampah menjadi permasalahan global yang serius, termasuk Indonesia. Sampah berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Pemerintahan Indonesia melakukan upaya untuk menangani permasalahan tersebut seperti dengan menerapkan ekonomi sirkular. Masyarakat juga mulai sadar akan isu lingkungan yang ditunjukkan dengan adanya green consumption, yaitu pola konsumsi yang memperhatikan kelestarian lingkungan. Adanya green consumption juga ditandai dengan peningkatan tren produk ramah lingkungan seperti Sustaination, Demibumi, dan Bumijo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana produk ramah lingkungan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Green Purchase Intention. Faktor-faktor tersebut meliputi Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, Willingness to Pay, dan Environmental Consciousness. Penelitian dilakukan dengan survei kuantitatif melalui Google Forms dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Behavioral Control dan Environmental Consciousness berpengaruh positif secara signifikan terhadap Green Purchase Intention, sedangkan Attitude, Subjective Norms, dan Willingness to Pay tidak berpengaruh positif secara signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi manajerial, yang perlu adanya peningkatan edukasi terkait produk ramah lingkungan dan memastikan kemudahan akses produk. Adanya penelitian ini membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut dengan pendekatan lain untuk mempelajari faktor yang berpengaruh terhadap Green Purchase Intention di kalangan masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Attitude, Environmental Consciousness, Green Purchase Intention, Perceived Behavioral Control, Subjective Norms, Willingness to Pay
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:16
Last Modified: 05 Jul 2025 11:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37748

Actions (login required)

View Item View Item