Implementasi Psikologi Warna pada Kostum sebagai Penanda Identitas Karakter dalam Film Driveway

Ervansyah, Marcello (2025) Implementasi Psikologi Warna pada Kostum sebagai Penanda Identitas Karakter dalam Film Driveway. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (713kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (203kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Desainer Produksi memegang peran penting dalam merancang keseluruhan tampilan visual film, termasuk set, properti, makeup, dan kostum untuk mewujudkan visi sutradara. Sebagai bagian dari mise-en-scene, kostum tidak hanya memperkuat narasi visual tetapi juga mampu untuk merefleksikan kondisi psikologis, status sosial, dan perkembangan karakter. Film Driveway mengisahkan Reyhan, seorang sopir pribadi yang berusaha menebus trauma masa lalunya ketika menyelamatkan Lila dari pelecehan atasannya, Adit. Penelitian ini dibatasi pada analisis penerapan psikologi warna dalam desain kostum tiga karakter utama, dengan tujuan mengetahui bagaimana implementasi psikologi warna dapat menggambarkan identitas visual dan mendukung narasi film. Untuk mendukung penulisan ini, penulis juga menggunakan beberapa teori utama dan teori pendamping. Teori utama yang digunakan adalah teori warna, psikologi warna, dan kostum. Serta penulis menggunakan harmoni warna sebagai teori pendamping.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Desainer Produksi, Psikologi Warna, Kostum, Identitas Karakter
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:17
Last Modified: 05 Jul 2025 11:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37751

Actions (login required)

View Item View Item