Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Echo Chamber Politik dalam Media Sosial

Alexander, Vincent (2025) Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Echo Chamber Politik dalam Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (787kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (228kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (899kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (335kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Mengikuti perkembangan internet dan teknologi, penggunaan media sosial kini telah menjadi hal yang umum. Di media sosial, terjadi pertukaran informasi antar pengguna dalam berbagai bidang, termasuk politik. Melalui kombinasi beberapa faktor, seperti recommender algorithm dan bias sosial/mental, fenomena yang dikenal sebagai echo chamber dapat muncul, yang dapat mengisolasi pengguna dari pendapat/pikiran yang berlawanan dengan mereka, yang dapat menyebabkan perkembangan pola pikir sempit, kesulitan untuk memahami ideologi lain, dan dalam kasus ekstrem, radikalisme dan/atau ekstremisme politik. Walaupun data pra-kuesioner menunjukkan mayoritas pengguna media sosial sudah mengalami pengaruh echo chamber, mereka masih tidak menyadari keberadaan dan pengaruhnya. Dengan ini, penulis mengajukan solusi dalam bentuk perancangan kampanye sosial untuk mengajak penguna media sosial untuk meninggalkan echo chamber mereka masing-masing. Untuk memperdalam pemahaman masalah ini, sebuah focus group discussion, dua wawancara pakar, dan satu kuesioner sudah dilakukan. Tujuan kampanye ini adalah untuk membujuk pengguna media sosial, terutama mereka yang tidak tahu mengenai echo chamber, untuk mengenali echo chamber politik mereka, dan mengambil langkah proaktif untuk keluar darinya. Dalam perancangan kampanye ini, metodologi The Five Phases of Graphic Design milik Landa digunakan, serta kerangka AISAS milik Dentsu. Luaran media utama dari kampanye ini adalah desain media sosial, yang ditempatkan di platform media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Echo Chamber, Kampanye, Politik, Media Sosial.
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:21
Last Modified: 05 Jul 2025 11:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37773

Actions (login required)

View Item View Item