Chu, Vanessa (2025) Perancangan Kampanye Sosial Eye Yoga dalam Pencegahan Digital Eye Strain (DES). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (828kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (279kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (401kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (253kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Digital Eye Strain merupakan kondisi yang semakin umum terjadi akibat penggunaan perangkat digital yang berlebihan terutama pada pekerja kantoran, yang menyebabkan ketegangan dan ketidaknyamanan pada mata. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah Eye Yoga, yang memiliki metode-metode yang efektif untuk mengurangi Digital Eye Strain, serta merelaksasi otot mata. Namun, belum terdapat media kampanye yang mengangkat mengenai Eye Yoga yang mengajak masyarakat untuk menggunakan metode Eye Yoga. Oleh karena itu, perancangan kampanye ini bertujuan untuk merancang strategi pencegahan Digital Eye Strain melalui pendekatan Eye Yoga sebagai solusi alternatif. Metode perancangan yang digunakan dalam kampanye menggunakan Human Centered Design (HCD) dari buku The Field of Human-Centered Design oleh IDEO.org yaitu Inspiration, Ideation dan Implementation. Konten yang disusun didasarkan dari hasil wawancara, kuesioner, studi eksisting dan studi referensi. Kampanye ini menggunakan strategi komunikasi visual AISAS, yaitu Attention, Interest, Search, Action, dan Share yang diterapkan pada media konvensional dan digital pada kampanye. Hasil media yang diterapkan berupa billboard, MRT billboard, poster, overlay ads, lift advertising, Instagram dan X ads, Instagram post, digital vending machine, totebag, tumbler, mousepad, memopad, eye mask, dan desk file holder. Perancangan tersebut telah diberikan kepada target audiens melalui kuesioner, yang berpendapat bahwa kampanye ini telah berhasil menjangkau target audiens dengan baik. Dengan hadirnya kampanye sosial ini, diharapkan dapat menjadi kampanye yang berdampak serta media yang bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan mata saat ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Digital Eye Strain, Eye Yoga, Kampanye sosial, Digital |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:25 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |