Perancangan Website Literasi Keuangan untuk Pola Hidup Overspending pada Gen Z

Jonathan, Kelvin (2025) Perancangan Website Literasi Keuangan untuk Pola Hidup Overspending pada Gen Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (225kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (282kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Overspending merupakan sebuah masalah keuangan yang sangat signifikan dihadapi oleh semua orang, khususnya sering dialami oleh Gen Z. Banyaknya Gen Z yang membuat keputusan ekonomi yang kurang baik cenderung membuat taraf hidup para Gen Z memburuk atau bahkan memilih cara penyelesaian dengan menggunakan pinjaman online. Keputusan ekonomi tersebut dapat ditanggulangi dengan adanya literasi keuangan yang baik dan menarik untuk para Gen Z. Hal ini dilakukan oleh penulis dengan tujuan untuk mengurangi kecenderungan overspending pada Gen Z dalam bentuk website dikarenakan media ini merupakan media versatile yang cocok digunakan untuk situasi apapun. Penelitian ini menggunakan metode perancangan berupa Human-Centered Design (HCD) dengan hasil akhir berupa website yang sekiranya akan menarik untuk literasi keuangan pada Gen Z. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data penelitian dari jurnal terkait mengenai efektivitas literasi keuangan, serta adanya wawancara ahli dan observasi di lapangan. Literasi keuangan dengan menggunakan website interaktif dinilai lebih mampu untuk mengubah kebiasaan overspending pada Gen Z, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik untuk kedepannya. Hasil yang didapat dari perancangan ini adalah mobile website untuk memberikan informasi literasi keuangan kepada Gen Z. Mobile website ini memiliki manfaat informatif dan juga persuasif agar audiens dapat tergerak untuk tidak melakukan overspending.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Overspending, Gen Z, Website, Literasi keuangan
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:33
Last Modified: 05 Jul 2025 11:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37829

Actions (login required)

View Item View Item