Perancangan Game 3D Mengenai Tradisi Bekarang Iwak Kota Palembang

Teddy Putra, Napoleon (2025) Perancangan Game 3D Mengenai Tradisi Bekarang Iwak Kota Palembang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (3MB)

Abstract

Kota Palembang memiliki kekayaan budaya yang beragam. Salah satunya adalah tradisi Bekarang Iwak, sebuah aktivitas menangkap ikan secara beramai-ramai. Tradisi ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber penghidupan, tetapi juga mempererat hubungan antar masyarakat serta melestarikan ekosistem sungai. Namun, dengan perkembangan zaman dan pengaruh globalisasi, pemahaman dan apresiasi terhadap tradisi ini, terutama di kalangan remaja, semakin menurun. Hal ini menyebabkan penurunan minat terhadap budaya lokal dan potensi kehilangan identitas budaya. Maka dari itu, diperlukan media informasi yang efektif untuk mendidik generasi muda mengenai nilai dan makna dari tradisi Bekarang Iwak, guna mengatasi permasalahan ini. Tujuan laporan ini adalah untuk merancang media informasi interaktif berupa game, yang memungkinkan audiens berpartisipasi secara aktif dan meningkatkan daya tarik serta pelestarian informasi. Metode Penelitian yang digunakan dalam perancangan adalah metode campuran yang berisi wawancara, wawancara expert, FGD, dan Kuesioner. Metode perancangan yang digunakan adalah metode Human-Centered Design yang terdiri dari 3 tahapan utama yaitu inspiration, ideation, dan implementation. Dari metode penelitian yang telah dilakukan, penulis mendapatkan bahwa solusi terbaik untuk menginformasikan tradisi Bekarang Iwak kepada remaja Kota Palembang adalah merancang sebuah game yang mengangkat tradisi tersebut di kalangan remaja. perancangan game ini diharapkan dapat membuat para remaja Kota Palembang lebih mudah memahami dan mengetahui mengenai tradisi Bekarang Iwak melalui pengalaman bermain yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tradisi, Remaja, Interaktif.
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 11:04
Last Modified: 06 Jul 2025 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37853

Actions (login required)

View Item View Item