Penggunaan Gamelan pada Karakter Bapak Piok sebagai Leitmotif dalam Film Dua Kata Lucu

Zefanya Paskah Runturambi, Gabriel (2024) Penggunaan Gamelan pada Karakter Bapak Piok sebagai Leitmotif dalam Film Dua Kata Lucu. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (942kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (174kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)

Abstract

Pada film Dua Kata Lucu, terdapat perancangan elemen efek suara instrumen gamelan Jawa dengan tujuan penggambaran latar belakang seorang karakter bapak Piok dengan penerapan konsep leitmotif. Penulis menggunakan sejumlah teori yang berkaitan dengan proses desain suara terhadap identitas karakter melalui teori utama Bribitzer-Stull. Hasil dari penelitian penulis berkaitan dengan teori-teori teknis dalam sebuah proses desain suara serta teori latar dari alat musik gamelan Jawa yang menjadi sebuah representasi terhadap budaya karakter. Penggambaran elemen suara gamelan Jawa pada karakter bapak Piok dalam film Dua Kata Lucu merupakan simbol kehadiran seorang tokoh yang berperan penting pada fungsi naratif cerita. Penelitian ini dilaksanakan pada tahap pascaproduksi dari karya orisinal penulis sebagai pendesain suara di rumah produksi Kalimaya Pictures.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Dua Kata Lucu, leitmotif, karakter
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 11:10
Last Modified: 06 Jul 2025 11:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37887

Actions (login required)

View Item View Item