Fidelia Willie, Keisha (2025) Perancangan Media Promosi untuk UMKM Warung Gudeg Jogja Mas Damar. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (368kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (467kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (786kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (333kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
UMKM adalah sektor ekonomi yang terdiri dari usaha produktif milik perorangan yang memiliki peran dalam perekonomian Indonesia. UMKM menyumbang lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja di Indonesia. Salah satu UMKM yang membutuhkan dukungan dalam pengembangan adalah Warung Gudeg Jogja Mas Damar di Tangerang. Warung ini menghadapi tantangan dalam memperluas pasar ke wilayah BSD dan generasi muda akibat kurangnya media promosi yang efektif. Saat ini, warung ini hanya memiliki satu unggahan di Instagram tanpa strategi pemasaran yang jelas. Berdasarkan riset, 75% konsumen lebih tertarik pada brand dengan identitas visual yang konsisten. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang media promosi Warung Gudeg Jogja Mas Damar agar lebih menarik dan sesuai dengan target pasarnya. Metode perancangan yang digunakan meliputi riset brand dan pembuatan konsep desain yang menggabungkan elemen tradisional serta modern. Selain itu, penelitian ini juga mencakup pembuatan aset ilustrasi untuk UMKM Satou Cookies guna memperkuat identitas visualnya. Hasil perancangan mencakup desain media sosial, strategi promosi, dan aset visual yang disesuaikan dengan identitas brand. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain media promosi yang menarik dan konsisten dapat meningkatkan kesadaran merek hingga 80% serta membantu Warung Gudeg Mas Damar memperluas jangkauan pasar di kalangan generasi muda.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | UMKM, Media Promosi, Warung Gudeg Jogja Mas Damar |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 13:12 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 13:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |