Perancangan Game mengenai Cerita Rakyat Ki Sinar Pamulang untuk Remaja di Tangerang Selatan

Leonardo Tantra, Rivan (2025) Perancangan Game mengenai Cerita Rakyat Ki Sinar Pamulang untuk Remaja di Tangerang Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (324kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (484kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (442kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (591kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tangerang Selatan sebagai kota urban yang berkembang pesat menghadapi tantangan berupa menurunnya keterlibatan generasi muda terhadap warisan budaya lokal, seperti cerita rakyat Ki Sinar Pamulang. Cerita ini memuat nilai-nilai moral seperti gotong royong, keberanian, dan kepedulian sosial yang menjadi bagian dari identitas budaya lokal. Namun, di tengah derasnya arus modernisasi, nilai-nilai tersebut kian terabaikan. Hal ini turut diperburuk oleh minimnya media edukatif yang sesuai dengan preferensi remaja, yang pada akhirnya berkontribusi pada fenomena menurunnya kesadaran moral, seperti sikap apatis, individualisme, dan perilaku sosial menyimpang di kalangan pelajar. Berdasarkan survei APJII dan Katadata (2023), lebih dari 69% pengguna internet di Indonesia bermain game online selama lebih dari 3 jam per hari, menunjukkan bahwa game digital merupakan media yang dekat dengan keseharian remaja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah game berbasis cerita rakyat Ki Sinar Pamulang yang menggabungkan nilai edukatif dan budaya lokal, denga n pendekatan interaktif berupa alur cerita bercabang, dialog moral, dan elemen visual bernuansa lokal. Metode yang digunakan meliputi tahapan analisis data, pengembangan konsep, pembuatan prototipe, dan uji coba pengguna untuk mengevaluasi efektivitas game. Hasil perancangan menunjukkan bahwa game ini berpotensi meningkatkan ketertarikan remaja terhadap cerita rakyat, sekaligus menyampaikan pesan moral dengan cara yang lebih relevan dan kontekstual. Dengan demikian, perancangan ini diharapkan menjadi kontribusi dalam pelestarian budaya dan edukasi karakter melalui media digital yang adaptif terhadap perkembangan generasi muda.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: game, cerita rakyat, pelestarian budaya, edukasi moral, remaja.
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2025 11:01
Last Modified: 07 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38385

Actions (login required)

View Item View Item