Angelica Anggriawan, Nathania (2025) Perancangan Buku Aktivitas Pemberian Stimulasi Afektif pada Anak Usia Dini. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (616kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (860kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (612kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Aspek afektif merupakan bagian penting dalam perkembangan anak, mencakup nilai, sikap, emosi, perasaan, dan antusiasme. Aspek ini berperan dalam membentuk cara anak merespons lingkungan dan membangun hubungan sosial yang baik dan sehat. Namun, kurangnya stimulasi afektif yang berkelanjutan dari lingkungan terdekat, seperti di rumah dan disekolah turut menyumbang pada meningkatkan perilaku agresif pada anak. Meningkatnya perilaku agresif ini menyentuh angka 30% pada tahun 2024 jika dibandingkan dengan tahun 2020 di Indonesia. Perancangan ini bertujuan untuk merancang media stimulasi dengan bentuk buku aktivitas yang ditujukan untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun. Buku aktivitas ini dirancang sebagai sarana yang menyenangkan dengan mengintegrasikan narasi petualangan, aktivitas seni rupa, dan permainan interaktif untuk membantu anak mengenali serta mengekspresikan emosi dan perasaannya secara positif. Proses perancangan menggunakan pendekatan user-centered design dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi eksisting. Hasil dari tahap alpha dan beta testing menunjukkan bahwa media ini dinilai efektif dalam menstimulasi aspek afektif anak usia dini. Sebagai dukungan terhadap buku aktivitas sebagai media utama, dikembangkan pula media sekunder berupa boneka karakter, botol minum, kotak makan, stiker, dan gantungan kunci sebagai bagian dari strategi pendukung dan promosi produk. Implementasi terhadap perancangan ini disekolah dinilai berhasil berdasarkan hasil beta testing yang dilaksanakan dengan cara focus group discussion bersama anak-anal di sekolah dan juga tenaga pengajarnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | stimulasi afektif, buku aktivitas, user-centered design, anak usia dini. |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 11:02 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 11:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |