Perancangan Kampanye Pentingnya Self-Love pada Anak Broken Home

Aubert Solomon, Felissa (2025) Perancangan Kampanye Pentingnya Self-Love pada Anak Broken Home. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (870kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (253kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (340kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kondisi Broken Home dapat membuat seorang anak tidak mendapatkan kasih sayang yang utuh dari kedua orang tuanya yang dapat disebabkan oleh adanya fenomena perceraian yang terjadi pada orang tua (Ansori, 2024). Di mana kondisi ini dapat memungkinkan seorang anak merasa putus asa dan berpikiran bahwa mereka tidak layak untuk berbahagia dalam hidupnya (Maharani & Daulay, 2023). Tidak hanya itu, kondisi Broken Home juga dinyatakan dapat memicu perasaan stres, cemas, sampai depresi pada anak menurut penelitian dari World Psychiatry (Herliafifah, 2021) yang dapat membawa seorang anak pada pemikiran/tindakan bunuh diri (Rahman et al, 2022, h.70). Ditambah, kerentanan pada kondisi anak Broken Home ini dapat diperburuk karena perkembangan teknologi saat ini sudah dapat mempengaruhi kesehatan mental pada masyarakat terkait beragam konten yang ada (Regita et al, 2024, h.51). Penelitian ini dilakukan dengan metode perancangan Human Centered Design (HCD) yang berfokus pada kebutuhan, pengalaman, dan juga perspektif yang lebih mendalam dari target audiens, yang didasari dengan proses emphaty yang memungkinkan penulis dapat lebih memahami sudut pandang target audiens lebih baik lagi dengan pengumpulan data menggunakan metode penelitian kualitatif khususnya teknik wawancara mengingat topik yang diangkat juga cukup sensitif dalam masyarakat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk membantu kondisi emosional yang dialami pada kebanyakan anak Broken Home dengan mengadakan kampanye akan pentingnya penerapan Self-Love sebagai solusinya pada kegiatan sehari-hari mereka, sehingga mereka dapat menyadari bahwa mereka masih bisa memiliki masa depan yang cerah walaupun saat ini kondisi keluarga mereka tidak sempurna.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perancangan, Kampanye, Perceraian, Broken Home, Self-Love
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2025 11:05
Last Modified: 07 Jul 2025 11:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38403

Actions (login required)

View Item View Item