Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Cerita Rakyat Telaga Ngebel

Roberts Halim, Angellica (2025) Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Cerita Rakyat Telaga Ngebel. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (13MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (186kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (442kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (244kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (154kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan nilai budaya, salah satunya adalah cerita rakyat. Namun, semakin berkembangnya zaman, budaya Indonesia seperti cerita rakyat memudar karena mulai muncul alternatif topik hiburan yang lebih menyenangkan. Terlebih lagi, cerita rakyat diwariskan secara lisan sehingga banyak cerita rakyat yang tidak terdokumentasi dengan baik sehingga mengakibatkan minimnya media penyebaran cerita rakyat. Salah satu cerita rakyat yang jarang dijumpai adalah Legenda Telaga Ngebel yang menceritakan asal usul Telaga Ngebel dari Jawa Timur, Ponorogo. Jika cerita Legenda Telaga Ngebel tidak diperkenalkan kembali kepada masyarakat, terdapat kemungkinan salah satu budaya Indonesia akan punah dan berkemungkinan menjadi hal yang hanya warga setempat tahu. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang buku ilustrasi interaktif sebagai upaya untuk memperkenalkan kembali cerita rakyat Legenda Telaga Ngebel kepada generasi muda Indonesia. Agar dapat merancang buku ilustrasi interaktif yang sesuai dengan kebutuhan target sasaran, penulis menggunakan metode design thinking oleh Tim Brown yang terdiri dari 3 tahapan utama yaitu inspiration, ideation, dan implementation yang juga didampingi teknik pengumpulan data hibrid yang meliputi observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan pra-kuesioner, studi eksisting, dan studi referensi. Hasil akhir dari perancangan menunjukkan bahwa dengan mengadaptasi cerita rakyat menjadi buku ilustrasi interaktif dapat mengenalkan kembali budaya Indonesia kepada generasi muda saat ini dengan cara yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Legenda Telaga Ngebel, cerita rakyat, buku ilustrasi interaktif.
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2025 11:05
Last Modified: 07 Jul 2025 11:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38406

Actions (login required)

View Item View Item