Perancangan Kampanye Sosial Dampak Buruk Konten Sadfishing di Media Sosial

Aqiil Munandar, Salman (2025) Perancangan Kampanye Sosial Dampak Buruk Konten Sadfishing di Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (593kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (826kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (565kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (591kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Media sosial saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat, yang dimana kini masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari melalui media sosial dengan alasan efektivitas. Maraknya penggunaan media sosial dapat memunculkan fenomena baru. Salah satu fenomena yang muncul adalah sadfishing. Sadfishing merupakan fenomena berupa seseorang yang membuat konten dengan cara membagikan pengalaman emosional yang dilebih-lebihkan dengan tujuan untuk menimbulkan simpati di media sosial, sehingga banyak orang yang akan merasa relate yang juga menyebabkan konten tersebut dapat dengan mudahnya menjadi viral. Dampak buruk dari fenomena sadfishing adalah dapat menimbulkan distorsi kognitif, yang merupakan fenomena dimana seseorang memiliki pemikiran yang belum tentu benar tentang suatu peristiwa. Fenomena ini dapat berpengaruh pada kesehatan mental seorang remaja, seperti menimbulkan kecemasan hingga depresi. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan kampanye sosial mengenai dampak buruk konten sadfishing di media sosial terhadap remaja. Metodologi perancangan yang digunakan diambil dari buku Robin Landa yang berjudul Advertising by Design, yang berisi overview, strategy, ideas, design, production, dan implementation. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa wawancara kepada expert dan target audiens, dan focus group discussion kepada target audiens.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye, Sadfishing, Media Sosial, Remaja
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2025 11:08
Last Modified: 07 Jul 2025 11:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38420

Actions (login required)

View Item View Item