Rancang Bangun Game Interaktif untuk Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini di PT Surya Digital Indonesia

Friendly Timorence Manukoa, Andreo (2025) Rancang Bangun Game Interaktif untuk Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini di PT Surya Digital Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (489kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (234kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (11MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat membuka peluang pemanfaatan game interaktif sebagai media stimulasi kognitif yang efektif bagi anak usia dini yang berada dalam periode emas pertumbuhan. Namun, masih terbatasnya game edukasi yang dirancang secara khusus sesuai kebutuhan perkembangan anak menjadi latar belakang utama penelitian ini. Proyek ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah game interaktif 2D menggunakan platform Unity yang secara spesifik ditujukan untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia dini, seperti daya ingat, pemecahan masalah, dan pengenalan bentuk. Proses pengembangan perangkat lunak ini meliputi beberapa tahapan, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) menggunakan Figma, hingga implementasi dengan bahasa pemrograman C# di Unity. Hasil dari proyek ini adalah sebuah prototipe fungsional game edukasi berbasis android yang terdiri dari empat modul permainan utama: Writing, Matching, Comparing, dan Fitting. Setiap modul dirancang untuk melatih aspek kognitif yang berbeda melalui mekanisme permainan yang intuitif dan menarik. Kesimpulannya, proyek ini berhasil menghasilkan sebuah produk teknologi pendidikan yang berpotensi menjadi media pembelajaran alternatif yang positif dan relevan dengan dunia anak di era digital.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Game Edukasi, Kognitif Anak, Pengembangan Game, Stimulasi, Unity
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Jul 2025 13:07
Last Modified: 09 Jul 2025 13:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38515

Actions (login required)

View Item View Item