Lucrey Stevianus, Audrey (2025) Perancangan Identitas Visual UMKM Nana Cake & Cookies Pokdarwis Desa Medang. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (193kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (261kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (363kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (147kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memegang pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Dalam pertumbuhan ekonomi lokal, UMKM memiliki peran penting yang cukup signifikan, namun masih terdapat berbagai tantangan yang dialami pelaku UMKM lokal, seperti kurangnya identitas visual yang konsisten untuk meningkatkan daya saing di pasar. Beberapa UMKM di Desa Medang, seperti Tahnia Dimsum, Nana Cake & Cookies, dan Lafini, mengalami tantangan serupa dalam membangun branding yang kuat. Penelitian ini berfokus pada perancangan identitas visual Nana Cake & Cookies melalui penerapan media collateral untuk memperkuat citra brand dan meningkatkan daya tarik bagi calon konsumen. Metode perancangan yang digunakan mengacu pada teori Alina Wheeler dalam buku Designing Brand Identity, yang meliputi lima tahapan yaitu conducting research, clarifying strategy, designing identity, creating touchpoints, dan managing assets. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif yaitu wawancara dan observasi langsung terhadap mitra UMKM. Hasil dari penelitian ini berupa identitas visual yang lebih terstruktur dan profesional, termasuk logo, warna, tipografi, serta elemen desain pendukung lainnya yang mencerminkan karakter dan nilai dari Nana Cake & Cookies. Diharapkan, perancangan ini tidak hanya membantu UMKM dalam meningkatkan daya saing, tetapi juga memberikan inspirasi bagi UMKM lainnya di Pokdarwis Medang dalam membangun brand mereka secara lebih dinamis.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Identitas Visual, Branding, UMKM, Pokdarwis Medang |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 13:18 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 13:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |