Margareth Br Sianipar, Eirene (2025) Perancangan Media Marketing dalam Bisnis Aplikasi Book Wrm. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (749kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (343kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (884kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (9MB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah kebiasaan membaca di kalangan Generasi Z, di mana akses terhadap buku fisik semakin beralih ke platform berbasis teknologi. Namun, keterbatasan dalam pencarian buku bekas berkualitas serta kurangnya platform khusus yang memfasilitasi transaksi buku fisik yang menjadi tantangan tersendiri. Book Wrm hadir sebagai solusi dengan menyediakan platform jual-beli, dan menyewa buku bekas yang lebih terstruktur dan mudah diakses, serta menyatukan komunitas pencinta buku. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran yang efektif bagi aplikasi Book Wrm guna meningkatkan daya tariknya di kalangan Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan meliputi pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, Focus Group Discussion (FGD), wawancara, dan observasi. Fitur seperti jual beli buku preloved, penyewaan buku, rekomendasi personalisasi, serta fitur interaktif seperti story dan komunitas membaca juga berperan dalam meningkatkan keterlibatan pengguna. Metode Perancangan yang digunakan merupakan Design Thinking. Output utama dari tugas marketing mencakup penyusunan editorial plan, pembuatan aset visual, dan distribusi konten melalui Instagram dan TikTok yang mempromosikan output dalam bentuk aplikasi Book Wrm. Strategi pemasaran yang tepat memperkuat posisi Book Wrm sebagai platform literasi digital dan acuan bisnis digital inovatif bagi mahasiswa DKV.
Item Type: | Technical Report (MBKM Report) |
---|---|
Creators: | Margareth Br Sianipar, Eirene (00000068892) |
Contributors: | Herna, Lia (0315048108) |
Keywords: | Minat Baca, Generasi Z, Aplikasi Digital, Marketing |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 13:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |