Perancangan Desain UI/UX pada Fitur Reorder dan Shopping Mission Aplikasi Alfagift di PT Global Loyalty Indonesia

Ikhsan Jaya, Genadi (2025) Perancangan Desain UI/UX pada Fitur Reorder dan Shopping Mission Aplikasi Alfagift di PT Global Loyalty Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (948kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (315kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong transformasi layanan belanja daring, termasuk di sektor ritel seperti Alfamart yang menghadirkan aplikasi Alfagift sebagai platform e-grocery sekaligus program loyalitas pelanggan. Dalam rangka meningkatkan pengalaman pengguna, dilakukan perancangan dan pengembangan desain UI/UX fitur reorder dan shopping mission melalui program magang MBKM selama enam bulan di PT Global Loyalty Indonesia pada posisi UI/UX Designer. Program magang ini bertujuan untuk mengimplementasikan konsep dan teori yang diperoleh selama perkuliahan, khususnya pada mata kuliah Human-Computer Interaction (HCI). Proses perancangan dilakukan menggunakan framework Design Thinking yang mencakup benchmarking, wireframe, prototyping, dan testing melalui sesi design review. Selain itu, prinsip 8 Golden Rules of Interface Design dan UX Laws seperti Fitts's Law, Jakob's Law, dan Hick's Law diterapkan untuk menghasilkan desain antarmuka yang konsisten dan ramah pengguna. Hasil akhir dari proyek ini berupa desain high-fidelity dan prototype interaktif yang siap diimplementasikan ke dalam aplikasi Alfagift. Pengalaman magang ini memberikan pemahaman dalam proses pengembangan produk digital di lingkungan profesional dan menjadi bekal penting untuk menghadapi dunia kerja di bidang desain UI/UX.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Alfagift, Magang, PT Global Loyalty Indonesia, UI/UX
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2025 13:04
Last Modified: 10 Jul 2025 13:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38672

Actions (login required)

View Item View Item