Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Smart Album (SMini) di Kalangan Penggemar K-pop

Christy Budiawan, Laura (2025) Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Smart Album (SMini) di Kalangan Penggemar K-pop. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (880kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (625kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (619kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong industri musik K-pop untuk terus berinovasi, salah satunya melalui peluncuran Smart Album (SMini) oleh SM Entertainment. Produk ini merupakan bentuk album digital yang mengintegrasikan teknologi Near Field Communication (NFC), memungkinkan penggemar mengakses konten musik dan visual secara praktis. Di tengah perubahan format konsumsi musik ini, peran komunitas penggemar menjadi sangat penting, terutama melalui mekanisme Electronic Word of Mouth (eWOM). Penggemar K-pop dikenal aktif menyebarkan opini, pengalaman, dan rekomendasi di media sosial, yang berpotensi memengaruhi minat beli terhadap produk seperti SMini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eWOM terhadap minat beli Smart Album (SMini) di kalangan penggemar K-pop dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan melalui metode survei terhadap penggemar yang mengikuti artis-artis di bawah naungan SM Entertainment dan telah mengetahui keberadaan produk SMini. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dengan nilai R Square sebesar 0,739. Artinya, sebesar 73,9% variasi dalam minat beli dapat dijelaskan oleh variabel eWOM. Hasil ini menegaskan pentingnya komunikasi antarpenggemar dalam mempengaruhi perilaku konsumsi, serta memberikan implikasi strategis bagi industry untuk membangun pendekatan komunikasi digital yang sesuai dengan karakteristik audiens.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Electronic Word of Mouth, Komunikasi Digital, K-pop, Minat Beli, Smart Album
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2025 11:01
Last Modified: 11 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38708

Actions (login required)

View Item View Item