Resepsi Penonton Indonesia terhadap Film 'A Business Proposal' sebagai Adaptasi Drama Korea: Studi Kualitatif pada Komunitas Penggemar K-Drama

Jenifer Gunawan, Livia (2025) Resepsi Penonton Indonesia terhadap Film 'A Business Proposal' sebagai Adaptasi Drama Korea: Studi Kualitatif pada Komunitas Penggemar K-Drama. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (813kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (353kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (319kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (259kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)

Abstract

Film tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media penyebaran nilai-nilai budaya serta refleksi dari fenomena sosial yang berkembang di masyarakat.Fenomena digemarinya drama Korea di Indonesia menjadikan banyak rumah produksi (PH) lokal mengadaptasi drama tersebut ke dalam bentuk film. Salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah film A Business Proposal versi Indonesia, yang diangkat dari drama Korea berjudul sama yang sebelumnya telah sukses secara internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan masyarakat Indonesia terhadap adaptasi tersebut, khususnya dari kalangan komunitas penggemar K-Drama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi resepsi dan teori encoding-decoding dari Stuart Hall sebagai kerangka konseptual. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap tiga informan serta analisis konten media sosial sebagai data sekunder. Terdapat beragam kemungkinan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa audiens dapat menempati posisi yang beragam dalam memaknai film adaptasi, seperti menerima secara penuh, menegosiasikan makna dengan pengalaman pribadi, atau bahkan menolak karena perbedaan nilai budaya dan ekspektasi terhadap kualitas produksi. Selain itu, media sosial diperkirakan memainkan peran penting dalam membentuk opini dan interpretasi kolektif terhadap film ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kompleksitas penerimaan audiens terhadap karya adaptasi lintas budaya dan menjadi acuan dalam pengembangan produksi film yang lebih kontekstual dan berdaya tarik lokal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: A Business Proposal, Resepsi audiens, adaptasi film, K-Drama, budaya populer, komunikasi lintas budaya.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Jul 2025 11:01
Last Modified: 18 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38951

Actions (login required)

View Item View Item