Penerapan Model Machine Learning untuk Targeted Member Alfagift di PT Global Loyalty Indonesia

Angelin, Angelin (2025) Penerapan Model Machine Learning untuk Targeted Member Alfagift di PT Global Loyalty Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (481kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (356kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (496kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

PT Global Loyalty Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang program loyalitas pelanggan yang memungkinkan penerapan analisis data secara langsung untuk mendukung strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran. Kegiatan magang difokuskan pada proyek targeted voucher di aplikasi Alfagift, dengan tujuan mengelompokkan pelanggan potensial. Proses yang dilakukan meliputi pemahaman kebutuhan bisnis, eksplorasi data, persiapan data, pemodelan menggunakan algoritma machine learning, serta penyusunan hasil dalam bentuk daftar target. Selama pelaksanaan, beberapa kendala ditemukan seperti struktur data yang kompleks dan ketidakseimbangan distribusi kelas pada label target. Langkah yang diambil untuk mengatasi kendala tersebut mencakup pemetaan hubungan antar tabel, penerapan teknik SMOTE untuk menyeimbangkan data, serta diskusi rutin bersama tim untuk memperjelas alur data. Proses ini membantu mempercepat pengembangan model dan meningkatkan kualitas hasil klasifikasi. Model klasifikasi yang dibangun menghasilkan performa yang cukup baik. Hasil akhir digunakan sebagai dasar pembuatan daftar penerima voucher yang lebih tepat sasaran. Selain itu, informasi dari hasil pemodelan juga di monitor dalam bentuk visualisasi. Pelaksanaan magang ini memberikan pengalaman nyata dalam menerapkan analisis data pada kasus industri dan memperlihatkan bagaimana pemanfaatan data dapat membantu meningkatkan efektivitas program loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Data Science, Machine Learning, Targeted Voucher
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Jul 2025 13:03
Last Modified: 18 Jul 2025 13:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38966

Actions (login required)

View Item View Item