Implementasi Passenger Service System (PSS) dan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT. Persada Perkasa Airnesia

Aulia Rahman, Rafi (2025) Implementasi Passenger Service System (PSS) dan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT. Persada Perkasa Airnesia. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (379kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (226kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (323kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Magang ini dilaksanakan di PT. Persada Perkasa Airnesia penulis terlibat aktif dalam proses pengembangan dan modernisasi sistem teknologi informasi di Airnesia, masih ditemukan berbagai tantangan, diantaranya adalah penggunaan aplikasi yang bersifat Stand Alone, proses pelaporan kinerja operasional dan keuangan yang dilakukan secara manual, serta belum terintegrasinya sistem ini operasional dengan platform PSS (passenger service system) Intelisys, Cargo Management System (CMS) Koukis. Kondisi ini menyebabkan keterlambatan dalam pengambilan keputusan, ketidakterpaduan data, dan rendahnya efisiensi operasional. Tujuan dari studi ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang terintegrasi yang mampu menyatukan proses keuangan, operasional, SDM dan logistik dalam satu sistem terpusat. Selain itu, integrasi dengan PSS intelisys dan CMS Koukis ditujukan untuk memastikan kesinambungandataantarasisifront-end(layananpenumpang) dan back-end (dukungan operasional dan finansial), sehingga mendukung proses bisnis secara menyeluruh. Metode yang digunakan dalam implementasi ini adalah pendekatan arsitektur enterprise berbasis TOGAF-ADM (The Open Group Architecture Framework - ArchitectureDevelopmentMethod).Pendekataninidigunakanuntuk memastikansetiaptahapanpengembanganmulaidariidentifikasikebutuhanbisnis, perancanganarsitektur,pemilihansolusiteknologi,hinggaprosesimplementasidan evaluasi dilakukan secara sistematis dan terstruktur. hasil yangdiharapkanadalah terciptanya sistem ERP yang efektif, terintegrasi dan adaptif terhadap kebutuhan operasional maskapai di era digital.

Item Type: Technical Report (MBKM Report)
Creators: Aulia Rahman, Rafi (00000071086)
Contributors: Kristiyanti, Dinar Ajeng (0330128801)
Keywords: SystemAnalyst,PassengerServiceSystem,EnterpriseResource Planning, TOGAF-ADM, Airnesia. 4 ImplementasiPassenger Service System(PSS) dan SistemEnterprise Resource Planning(ERP) pada PT. Persada Perkasa Airnesia, Rafi Aulia Rahman, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Date Deposited: 18 Jul 2025 13:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38987

Actions (login required)

View Item View Item