Pengujian Aplikasi Alfagift dan APO sebagai Quality Assurance dalam Pengembangan Proyek di PT. Global Loyalty Indonesia

Imanuel, Frans (2025) Pengujian Aplikasi Alfagift dan APO sebagai Quality Assurance dalam Pengembangan Proyek di PT. Global Loyalty Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (420kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (318kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (430kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Transformasi digital dalam industri ritel mendorong perusahaan untuk mengembangkan strategi omni-channel demi meningkatkan loyalitas pelanggan. PT. Global Loyalty Indonesia, pengembang aplikasi Alfagift, menerapkan pendekatan teknologi guna memberikan pengalaman belanja yang efisien dan menyeluruh. Dalam praktik pengembangan perangkat lunak, pengujian aplikasi menjadi komponen krusial untuk memastikan kualitas dan stabilitas sistem. Sebagai bagian dari tim Quality Assurance (QA), pengujian dilakukan secara menyeluruh melalui skenario manual dan otomatis menggunakan tools seperti Appium, Qase, Jira, DBeaver, MongoDB, Swagger, dan Postman. Beberapa proyek penting meliputi Full Cycle Rollout, Revamp Voucher dan Redeem A-Poin, serta optimalisasi aplikasi internal APO (Aplikasi Pesanan Online). Seluruh proses pengujian mencakup penyusunan skenario, pelaksanaan testing, pelaporan bug, hingga dokumentasi akhir. Pengujian dilakukan pada berbagai environment seperti Android, iOS, dan database untuk menjamin fungsionalitas fitur sesuai ekspektasi. Tantangan yang dihadapi antara lain penggunaan tools baru, keterbatasan akses, serta adaptasi lingkungan kerja. Namun, pemahaman teknis dan kolaborasi tim mampu mendukung efisiensi dan akurasi proses QA dalam pengembangan produk digital yang kompleks.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Aplikasi, Bug, Pengujian Aplikasi, Quality Assurance.
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Jul 2025 13:08
Last Modified: 18 Jul 2025 13:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39005

Actions (login required)

View Item View Item