William Rahmad, Troy (2025) Aktivitas Marketing Communication Intern di PT. Alternative Media Group. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (662kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (350kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (729kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Lanskap pemasaran modern kini ditandai oleh perkembangan media digital yang pesat dan persaingan yang kuat, menuntut strategi komunikasi yang efektif untuk keberhasilan brand. Transformasi ini dipercepat setelah pandemi Covid-19, yaitu ketika kebiasaan masyarakat beraktivitas dari rumah melahirkan sebuah era transisi baru. Era ini diwujudkan dalam pergeseran customer journey dari offline ke online, yang kini semakin berkembang menjadi model Offline to Online to Offline (O2O2O). Dalam konteks ini, media Digital Out-of-Home (DOOH) muncul sebagai jembatan yang sangat penting, memungkinkan interaksi yang halus antara pengalaman fisik dan digital. Di tengah dinamika tersebut, DOOH menjadi platform yang sangat krusial dalam melakukan kampanye pemasaran, menawarkan kemampuan menjangkau audiens secara dinamis di ruang publik yang juga sekaligus terintegrasi dengan ranah digital. PT Alternative Media Group (AMG) sebagai perusahaan media dengan berbagai platform DOOH, memainkan peran penting dalam lingkungan hidup ini. Studi magang ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu komunikasi strategis dalam konteks industri riil di PT. AMG, dengan fokus pada analisis peran media DOOH dalam realisasi strategi kampanye pemasaran brand. Laporan ini secara spesifik akan mengeksplorasi bagaimana PT. AMG mengintegrasikan kebutuhan brand dengan kemampuan DOOH untuk menciptakan strategi kampanye yang efektif dan efisien, serta bagaimana media DOOH berkontribusi dalam mengedukasi target audiens dan meningkatkan pemasaran produk melalui pengembangan komunitas, aktivasi merek, dan promosi. Selama magang sebagai tim perencana strategi komunikasi pemasaran, penulis secara langsung terlibat dalam eksekusi brief dari klien, memastikan pesan merek tersampaikan melalui media AMG dengan baik. Fungsi dan peran utama penulis meliputi edukasi audiens melalui platform DOOH, serta mendukung inisiatif peningkatan pemasaran produk melalui pengembangan komunitas, aktivasi merek, dan berbagai kegiatan promosi. Kendala yang dihadapi meliputi sinkronisasi ekspektasi klien dengan kemampuan media serta adaptasi strategi terhadap tren audiens yang dinamis. Pengalaman magang ini memberikan wawasan praktis tentang implementasi teori komunikasi strategis, menyoroti pentingnya pemahaman mendalam tentang peran media dan dinamika komunikasi pemasaran dalam mencapai tujuan klien.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Pemasaran, Komunikasi, Media, DOOH, PT AMG |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 13:03 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 13:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |