Pembentukan Identitas Virtual dalam Komunitas Penggemar VTuber MAHA5: Studi kasus pada Anggota Komunitas Penggemar di UMN

Vania Buntaran, Lie (2025) Pembentukan Identitas Virtual dalam Komunitas Penggemar VTuber MAHA5: Studi kasus pada Anggota Komunitas Penggemar di UMN. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (650kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (268kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (321kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (2MB)

Abstract

Popularitas budaya populer Jepang telah meluas secara global, termasuk di Indonesia, mencakup beragam aspek mulai dari film, anime, musik, hingga kuliner. Di antara berbagai genre musik Jepang yang unik, fenomena VTuber (Virtual YouTuber) kini menjadi sorotan. MAHA5 adalah salah satu agensi yang menaungi VTuber di Indonesia. Penelitian ini memfokuskan pada komunitas penggemar VTuber MAHA5 di UMN. Tujuan utama studi ini adalah menganalisis proses pembentukan identitas virtual dalam anggota komunitas tersebut. Menggunakan paradigma konstruktivis, penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus berdasarkan kerangka Robert E. Stake. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan konsep fluid identity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan identitas virtual anggota komunitas penggemar VTuber MAHA5 diwarnai oleh penggunaan bahasa khusus, interaksi aktif dan keterlibatan (engagement) baik daring maupun luring, serta partisipasi dalam budaya anime secara offline. Penggemar dalam komunitas di UMN membentuk identitas virtual mereka dengan performatif, representasi tubuh di digital, dan interaktif, yang di mana proses nya bersifat cair, dinamis, dan fluid, sesuai dengan konsep fluid identity.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: identitas virtual, fluid identity, budaya populer, dan komunitas VTuber.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jul 2025 11:01
Last Modified: 22 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39123

Actions (login required)

View Item View Item