Strategi Manajemen Kesan Pekerja Seks Daring (Studi Kasus pada Penggunaan Aplikasi MiChat)

Natallie, Rachel (2025) Strategi Manajemen Kesan Pekerja Seks Daring (Studi Kasus pada Penggunaan Aplikasi MiChat). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (848kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (388kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (448kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (305kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (231kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prostitusi daring kini menjadi fenomena sosial yang kompleks di dunia komunikasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi manajemen kesan pekerja seks daring dalam menarik dan mempertahankan pelanggan melalui aplikasi MiChat, sebuah aplikasi pesan yang umum digunakan sebagai media prostitusi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus instrumental, riset ini melakukan wawancara mendalam terhadap tiga partisipan. Analisis data dilakukan melalui tahapan coding (open, axial, selective), berdasarkan konsep manajemen kesan Jones dan Pittman (1982). Temuan utama menunjukkan bahwa strategi ingratiation dan self-promotion adalah yang paling dominan. Partisipan berkomunikasi secara adaptif untuk membangun kenyamanan dan koneksi, serta menunjukkan daya tarik visual dan non-visual (voice note ) pada aplikasi MiChat. Strategi intimidation, exemplification, dan supplication cenderung tidak digunakan secara aktif, melainkan sebagai respons defensif atau dianggap tidak relevan oleh mereka. Penelitian ini juga menemukan peran MiChat sebagai "panggung awal" atau penghubung para pekerja seks daring untuk mencari calon pelanggan. Namun, interaksi lebih lanjut, negosiasi, dan pembangunan hubungan jangka panjang beralih ke platform komunikasi lain seperti WhatsApp, dan akhirnya ke pertemuan langsung. Kesimpulan menunjukkan bagaimana pekerja seks daring menyesuaikan cara mereka mengelola citra diri di setiap tahapan interaksi, memastikan usaha manajemen kesan tetap berhasil dari kontak awal hingga transaksi. Studi ini memperkaya pemahaman tentang manajemen kesan dalam prostitusi daring pada aplikasi pesan, serta memberikan gambaran nyata tentang cara komunikasi terjadi di dunia digital ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: manajemen kesan, MiChat, pekerja seks komersial, platform digital, prostitusi daring
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jul 2025 11:02
Last Modified: 23 Jul 2025 11:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39148

Actions (login required)

View Item View Item