Aktivitas Digital Marketing Intern di YUKK Indonesia

Celia Jennifer, Cindy (2025) Aktivitas Digital Marketing Intern di YUKK Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (990kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (284kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (309kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (871kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Digital marketing telah berkembang pesat di era Society 5.0 dan Industry 4.0, dengan tren terkini mencakup penggunaan Artificial Intelligence (AI), data-driven marketing, dan content marketing melalui platform media sosial. Pertumbuhan UMKM yang mencapai 25,5 juta unit "go digital" hingga Juli 2024 menciptakan peluang signifikan bagi industri penyedia jasa pembayaran (PJP). YUKK Indonesia dipilih sebagai tempat magang karena bergerak di industri PJP yang sedang berkembang dan dinamis serta memberikan pembelajaran dalam pemasaran untuk industri dengan targeted audience. Selama pelaksanaan magang sebagai Digital Marketing Intern, mahasiswa bertanggung jawab dalam campaign planning & brainstorming, content marketing, KOL & influencer marketing, serta talent content dengan mendukung operasional dua subdivisi, yaitu Digital Marketing dan KOL Management. Kendala yang dihadapi meliputi perbedaan teori perkuliahan dengan praktik industri, ketidakfamiliaran dengan terminologi PJP, kesulitan pencarian keyword edukatif, dan urgensi kebutuhan KOL. Solusi yang diterapkan mencakup adaptasi lingkungan kerja, mempelajari istilah industri PJP, membuat database keyword dan KOL, serta penelitian mendalam tentang ekosistem fintech. Pengalaman ini menunjukkan pentingnya digital marketing terintegrasi dan perlunya peningkatan kurikulum perkuliahan untuk menjembatani kesenjangan teori-praktik industri.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Content Marketing, Digital Marketing, KOL Marketing, Payment Gateway, YUKK Indonesia
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jul 2025 13:04
Last Modified: 24 Jul 2025 13:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39227

Actions (login required)

View Item View Item