Arie Fahreza, Muhammad (2025) Aktivitas direct marketing dalam layanan operasi modifikasi cuaca (OMC) dan water bombing. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (408kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (159kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (168kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Laporan ini disusun berdasarkan kegiatan magang yang dilakukan di PT. Buana Sakti Dirgantara di divisi Marketing Communications, yang sejalan dengan latar belakang penulis sebagai mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi. Tujuan dari kegiatan magang ini adalah untuk memperoleh pengalaman langsung dalam dunia kerja serta memahami proses komunikasi pemasaran khususnya dalam konteks layanan bencana. PT. Buana Sakti Dirgantara merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang layanan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) dan water bombing dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Selama periode magang berlangsung, penulis terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan komunikasi direct marketing seperti seperti penyusunan surat penawaran, komunikasi personal melalui media pesan digital, koordinasi dengan konsumen pemerintah maupun swasta (seperti BNPB dan Sinarmas Forestry), serta mendukung pengelolaan informasi perusahaan melalui media pendukung seperti email dan website, serta konten LPSE dan e-katalog pemerintah. Konsep utama dalam kegiatan magang ini adalah penerapan strategi direct marketing yang dilakukan secara personal, terarah, dan bersifat dua arah sebagai bagian dari upaya membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Tantangan utama selama magang adalah memahami kompleksitas industri penerbangan khusus untuk penanggulangan bencana, serta menyesuaikan strategi komunikasi dengan kebutuhan otoritas pemerintah dan swasta. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa praktik direct marketing di PT. Buana Sakti Dirgantara berperan penting dalam efektivitas komunikasi bisnis dan keberhasilan negosiasi kerja sama operasional.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Marketing Communication, Direct Marketing, Operasi Modifikasi Cuaca (OMC), Water Bombing |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 13:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 13:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |