Pengembangan Aplikasi Mobile Lintas Platform Berbasis Flutter untuk Digitalisasi Pemesanan Kantin di Lingkungan Universitas

Soesilo, Nicholas (2025) Pengembangan Aplikasi Mobile Lintas Platform Berbasis Flutter untuk Digitalisasi Pemesanan Kantin di Lingkungan Universitas. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (370kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (150kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Laporan ini disusun sebagai luaran dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kewirausahaan yang diikuti penulis selama satu semester. Dalam program ini, penulis tergabung dalam tim yang mengembangkan U-Teen, sebuah aplikasi mobile lintas platform berbasis Flutter yang bertujuan untuk mendigitalisasi layanan pemesanan dan pembayaran di kantin kampus. Aplikasi ini dikembangkan sebagai respons atas permasalahan nyata di lingkungan universitas, seperti antrean panjang, kurangnya visualisasi informasi menu, serta alur transaksi yang belum efisien. Penulis mengambil peran sebagai pengembang front-end dan back-end utama, bertanggung jawab penuh atas implementasi antarmuka, logika aplikasi, serta integrasi data menggunakan Firebase. Selama proses pengembangan, penulis menghadapi beberapa kendala, antara lain kesulitan memahami bahasa pemrograman Dart, instalasi Flutter yang memerlukan sinkronisasi environment, kompleksitas integrasi sistem pembayaran digital, serta tantangan dalam debugging aplikasi. Solusi yang diambil mencakup eksplorasi dokumentasi, penggunaan bantuan teknologi berbasis AI, serta pendekatan trial and error untuk mengatasi hambatan teknis. Dari pengalaman ini, penulis memperoleh banyak pembelajaran praktis mengenai pengembangan produk digital, kerja tim, dan pentingnya manajemen waktu dalam menyelesaikan proyek nyata.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Flutter, MBKM, Kewirausahaan Digital, Firebase, Aplikasi Mobile
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jul 2025 13:04
Last Modified: 25 Jul 2025 13:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39256

Actions (login required)

View Item View Item