Rukmana, Jeannie (2025) Peran Content Creator dalam Edukasi Pernikahan Program Siap Nikah "BKKBN". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (7MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (374kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (663kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Di era digital saat ini, penyampaian pesan edukatif melalui media sosial menjadi strategi yang efektif dalam menjangkau generasi muda, khususnya Gen-Z dan milenial. Program Siap Nikahyang dijalankan oleh BKKBN hadir sebagai bagian dari upaya edukasi seputar pernikahan dan keluarga berencana yang disesuaikan dengan kebutuhan serta gaya komunikasi generasi tersebut. Penulis melaksanakan kegiatan magang sebagai Content Creator Intern di bawah program ini, dengan tanggung jawab utama merancang, memproduksi, dan mengunggah konten edukatif ke platform Instagram @siapnikah_official. Dalam pelaksanaan magang, penulis menggunakan teori Transmedia Storytelling dan Active Story System dari Robert Pratten sebagai landasan konseptual. Teori ini menekankan pentingnya perencanaan konten yang strategis, partisipatif, dan lintas platform agar dapat menciptakan keterlibatan audiens yang aktif sekaligus mendorong perubahan sosial. Selain itu, pendekatan Transmedia for Change (T4C) juga digunakan untuk memastikan bahwa setiap konten yang diproduksi tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga membangun hubungan emosional dengan audiens dan mengajak mereka untuk mengambil peran dalam narasi perubahan. Secara umum, operasional kegiatan magang masih menghadapi beberapa tantangan, seperti keterlambatan produksi konten terhadap tren, belum optimalnya pembuatan narasi partisipatif, serta ketidakjelasan brief dan revisi mendadak. Untuk mengatasi kendala tersebut, penulis memberikan beberapa solusi, seperti penerapan time management, evaluasi ulang proses kreatif, dan usulan sistem dokumentasi brief yang lebih terstruktur.Melalui kegiatan magang ini, penulis memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang proses produksi konten digital berbasis edukasi, sekaligus mampu mengaplikasikan teori perkuliahan ke dalam praktik nyata. Pengalaman ini menunjukkan bahwa penerapan konsep storytelling yang tepat, diikuti dengan strategi komunikasi visual yang efektif memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan kampanye edukatif di ranah digital.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | content creator, program siap nikah, BKKBN, media sosial Peran Content Creator..., Jeannie Rukmana, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 13:06 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 13:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |