Vernadeth, Vanessa (2025) Aktivitas Account Support dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional dan Customer Relationship PT Siloam International Hospitals Tbk. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (962kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (393kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Di tengah meningkatnya kebutuhan layanan di industri kesehatan saat ini, Siloam International Hospitals Tbk tampil sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan terkemuka yang mengedepankan profesionalisme, sistem kerja terintegrasi, dan kualitas pelayanan bertaraf nasional. Penulis menjalankan program magang di Siloam dengan tujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan, memperdalam pemahaman tentang ilmu komunikasi, serta mengembangkan keterampilan baik dari sisi soft skill maupun hard skill dalam lingkungan kerja nyata. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman penulis selama mengikuti program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) di divisi Corporate Sales selama empat bulan. Selama magang, penulis terlibat dalam berbagai aktivitas seperti pengelolaan Customer Relationship Management (CRM), melakukan review Memorandum of Understanding (MoU), menjaga effective communication antar divisi dan divisi internal, membuat competitor analysis layanan Medical Check-Up (MCU), serta mendukung kegiatan administratif melalui penyusunan Minutes of Meeting dan MCU Request Form. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan informasi awal dan kurangnya komunikasi antar divisi. Solusi yang dilakukan adalah dengan bersikap proaktif, berkoordinasi langsung dengan mentor dan tim, serta membuat sistem pencatatan untuk mendukung efektivitas kerja. Laporan ini memberikan gambaran nyata tentang penerapan ilmu komunikasi dalam praktik profesional.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Siloam International Hospitals Tbk, Customer Relationship Management (CRM), Memorandum of Understanding (MoU), effective communication, competitor analysis 9 Aktivitas Account Support..., Vanessa Vernadeth, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 13:07 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 13:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |