Peran Content Creator pada Akun Instagram @gugusmitigasibaksel

Febrina Maharani, Patricia (2025) Peran Content Creator pada Akun Instagram @gugusmitigasibaksel. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (401kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (443kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman praktik kerja magang penulis sebagai content creator di Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS), sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada mitigasi bencana di daerah Lebak Selatan. Pemilihan GMLS sebagai organisasi tempat magang dilatarbelakangi oleh tingginya risiko bencana gempa dan tsunami di kawasan tersebut, serta pentingnya peran komunikasi publik melalui media sosial dalam menyampaikan informasi kebencanaan secara efektif kepada masyarakat. Penulis bertanggung jawab dalam merancang, memproduksi, dan mengevaluasi konten Instagram @gugusmitigasibaksel sebagai bentuk dokumentasi digital. Penulis menerapkan model Content Creation Cycle dari Kotler et al. (2019) dalam perancangan konten dan konsep SMART Goals untuk menentukan tujuan konten. Salah satu kendala utama yang dialami GMLS yakni kurangnya sistem pengarsipan program-program sebelumnya sehingga kesulitan untuk melacak program-program yang sudah dijalankan. Untuk mengatasi kendala tersebut, penulis menginisiasi pembuatan template desain khusus untuk program Humanity Project batch 6 sehingga memudahkan dalam mencari tahu program yang dijalankan pada batch 6. Pengukuran performa dari setiap unggahan dilaukan dengan menghitung engagement rate. Hasil evaluasi pengukuran engagement rate menunjukkan bahwa konten-konten yang diunggah selama menjalani praktik magang mencapai angka di atas 5%.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: content creator, Instagram, mitigasi bencana
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jul 2025 13:08
Last Modified: 25 Jul 2025 13:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39287

Actions (login required)

View Item View Item