Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Engagement Jemaatan Gereja melalui Akun Instagram @impactyouth.id

Garcia, Michele (2025) Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Engagement Jemaatan Gereja melalui Akun Instagram @impactyouth.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (786kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (772kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (498kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (274kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (213kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

Media sosial telah menjadi alat penting dalam membangun komunikasi dan interaksi di berbagai bidang, termasuk dalam komunitas keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial yang diterapkan oleh komunitas gereja Impact Youth melalui akun Instagram @impactyouth.id dalam meningkatkan engagement jemaat muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma post-positivisme dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tiga informan, yaitu pengelola media sosial, volunteer, dan pengerja pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impact Youth mengembangkan strategi konten berbasis tiga pilar utama: pengajaran, penginjilan, dan worship, yang dikemas dalam format konten kreatif dan sesuai dengan karakteristik audiens muda. Konten yang diunggah tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga interaktif, mendorong keterlibatan jemaat melalui pembuatan konten interaktif. Selain itu, strategi co- creation dan konsistensi publikasi konten terbukti meningkatkan jangkauan akun dan engagement rate. Dengan memanfaatkan pendekatan The Networked Nonprofit dan brand engagement, Impact Youth berhasil menjadikan Instagram sebagai ruang komunikasi yang partisipatif dan membangun rasa memiliki dalam komunitas. Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi perencanaan konten digital, misalnya dengan menggunakan Google Sheets, serta mendorong pelibatan jemaat secara lebih aktif dalam proses kreatif konten

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Impact Youth, Instagram, Keterlibatan, Konten, Media Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jul 2025 11:04
Last Modified: 26 Jul 2025 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39318

Actions (login required)

View Item View Item