Garcia, Michele (2025) Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Engagement Jemaatan Gereja melalui Akun Instagram @impactyouth.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (786kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (772kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (498kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (274kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (213kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
Abstract
Media sosial telah menjadi alat penting dalam membangun komunikasi dan interaksi di berbagai bidang, termasuk dalam komunitas keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial yang diterapkan oleh komunitas gereja Impact Youth melalui akun Instagram @impactyouth.id dalam meningkatkan engagement jemaat muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma post-positivisme dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tiga informan, yaitu pengelola media sosial, volunteer, dan pengerja pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impact Youth mengembangkan strategi konten berbasis tiga pilar utama: pengajaran, penginjilan, dan worship, yang dikemas dalam format konten kreatif dan sesuai dengan karakteristik audiens muda. Konten yang diunggah tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga interaktif, mendorong keterlibatan jemaat melalui pembuatan konten interaktif. Selain itu, strategi co- creation dan konsistensi publikasi konten terbukti meningkatkan jangkauan akun dan engagement rate. Dengan memanfaatkan pendekatan The Networked Nonprofit dan brand engagement, Impact Youth berhasil menjadikan Instagram sebagai ruang komunikasi yang partisipatif dan membangun rasa memiliki dalam komunitas. Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi perencanaan konten digital, misalnya dengan menggunakan Google Sheets, serta mendorong pelibatan jemaat secara lebih aktif dalam proses kreatif konten
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Impact Youth, Instagram, Keterlibatan, Konten, Media Sosial |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 11:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 11:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |