Perancangan Website Equal Path sebagai Platform Inklusif Mahasiswa Disabilitas melalui Tahap Empathize dan Ideate

Setianegara, Arnela (2025) Perancangan Website Equal Path sebagai Platform Inklusif Mahasiswa Disabilitas melalui Tahap Empathize dan Ideate. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (403kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (336kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (241kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (112kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Equal Path adalah proyek pengembangan website yang bertujuan untuk menyediakan platform dukungan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Website ini dirancang untuk memfasilitasi pelaporan kondisi disabilitas, permintaan layanan konseling, bantuan akademik, serta menyediakan forum edukasi mengenai isu inklusivitas di lingkungan kampus. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Design Thinking yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna. Proses perancangan dimulai dari tahap wawancara dan observasi, yang kemudian dianalisis untuk merumuskan kebutuhan utama pengguna. Hasilnya dikembangkan menjadi wireframe dan prototipe high-fidelity yang diuji oleh responden dosen dan mahasiswa. Seluruh proses dijalankan secara iteratif untuk memastikan solusi yang dihasilkan sesuai dan relevan. Hasil proyek menunjukkan bahwa Equal Path berpotensi menjadi solusi digital yang inklusif, efisien, dan mendukung terciptanya lingkungan kampus yang lebih responsif terhadap keberagaman mahasiswa. Proyek ini juga menjadi media penerapan keterampilan desain UI/UX berbasis empati sekaligus mendukung pemenuhan kegiatan akademik dalam program MBKM.

Item Type: Technical Report (MBKM Report)
Creators: Setianegara, Arnela (00000066509)
Contributors: Wella, Wella (0305119101)
Keywords: Design Thinking, Inklusivitas, Disabilitas
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Date Deposited: 26 Jul 2025 13:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39334

Actions (login required)

View Item View Item