Peran Quality Assurance terhadap Pengembangan dan Pengujian Aplikasi Berbasis Mobile di Pt Global Loyalty Indonesia

Abie Diaz Doviano, Christopher (2025) Peran Quality Assurance terhadap Pengembangan dan Pengujian Aplikasi Berbasis Mobile di Pt Global Loyalty Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (452kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (302kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (454kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia mendorong masyarakat untuk bergantung pada aplikasi mobile dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk dalam berbelanja. PT Global Loyalty Indonesia (GLI) sebagai pengembang aplikasi Alfagift berperan besar dalam mendukung gaya hidup digital melalui layanan belanja dan program loyalitas berbasis aplikasi. Dalam menjamin kualitas aplikasi yang dirilis, peran Quality Assurance (QA) menjadi sangat penting untuk memastikan fitur berjalan sesuai harapan tanpa isu atau gangguan. Melalui program magang MBKM, mahasiswa menjalani peran sebagai QA Intern di GLI dengan tanggung jawab utama seperti menyusun test scenario, melakukan test run baik secara manual maupun otomatisasi menggunakan Appium, serta melakukan dokumentasi hasil pengujian pada berbagai project seperti Revamp Voucher dan Redeem A-Poin, hingga limitasi penggunaan VLP. Kendala utama yang dihadapi adalah kesulitan memahami sistem yang kompleks, adaptasi dengan tools teknis baru, serta miskomunikasi dalam koordinasi tim. Solusi yang diterapkan berupa pembelajaran mandiri, diskusi aktif dengan mentor, serta pendekatan visual saat menjelaskan permasalahan. Pengalaman ini memperluas wawasan teknis dan komunikasi di industri digital.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Quality Assurance, PT Global Loyalty Indonesia, Test Scenario, Testing, Automation
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jul 2025 13:02
Last Modified: 26 Jul 2025 13:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39336

Actions (login required)

View Item View Item